Setelah sukses
membeli situs komunitas online, kaskus.us, PT Global Digital Prima atau GDP,
perusahaan afiliasi produsen rokok Djarum, kini meluncurkan situs belanja
online atau e-commerce yang namanya blibli.com ini. Mal virtual bernama
blibli.com ini ditargetkan bisa meraup transaksi miliaran rupiah dalam setahun.
Menurut Kusumo Martanto niiih (Presiden Direktur PT Global Digital Niaga),
situs ini mengincar pasar kelas menengah ke atas yang gemar berbelanja produk
elektronik dan fashion.
Tidak sekadar
berjualan, situs ini menawarkan jasa informasi bisnis, interaksi pengguna,
hingga iklan. Hingga saat ini, udah tercatat 200 pedagang atau merchant yang
sudah bergabung di blibli.com. Beberapa di antaranya merk terkenal, seperti
toko ponsel Erafone, gerai motor dan apparel Harley Davidson, distro Surfer
Girl, dan Batik Danarhadi. Untuk metode pembayarannya, blibli.com hanya
menerima kartu kredit dari dua bank, yakni Bank Central Asia dan Bank Mandiri.
Pengiriman barang dilakukan oleh beberapa perusahaan logistik, seperti NCS,
RPX, dan JNE.
Analisa SWOT tentang blibli.com sendiri adalah sebagai berikut:
1. Strength
(Kelebihan)
Dalam
penggunaan jasa jual beli online pastilah terdapat kelebihan dan kekurangannya,
berikut adalah kelebihan dan kekurangan jual beli online melalui blibli.com:
- Tak sekadar berjualan, situs ini menawarkan jasa informasi bisnis, interaksi pengguna, hingga iklan.
- Situs Online Shopping ini, telah memakai sistem keamanan yang sudah mendapat sertifikasi dari VeriSign (merupakan sistem standar keamanan transaksi online di dunia, serta mitra perbankan yang terpercaya diseluruh dunia).
- Situs Blibli.com ini memposisikan dirinya sebagai social e-commerce, yang mengusung tagline “assisting customer assisting customer”, Yang artinya adalah Situs Blibli.com membantu si pelanggan agar pelanggan tersebut dapat membantu pelanggan lainnya.
- Situs Blibli.com ingin menempatkan dirinya sebagai sahabat bagi para pelanggan yang memberikan saran-saran terbaik dari para member yang dianggap oleh Situs Blibli.com ini dengan sebutan “friends”.
- Sebagai online mall, Blibli.com juga mencoba menawarkan berbagai kemudahan bagi para pelanggan.
- Dalam proses pembelian dan pembayaran, pelanggan juga selalu diberi kesempatan untuk mengonfirmasi kembali keputusannya untuk membeli. Kemudian ketika barang sedang kosong atau habis (out of stock), akan ada informasi kapan stok barang datang lagi. Dengan demikian pelanggan tidak putus asa dan berpindah ke “toko sebelah”.
2. Weakness (Kekurangan)
Untuk metode
pembayarannya, blibli.com hanya menerima kartu kredit dari dua bank, yakni Bank
Central Asia dan Bank Mandiri.
3. Opportunity (Peluang)
e-commerce tumbuh dan berkembang dibanyak
belahan dunia. Asia dan Pasifik juga sepertiga dari negara-negara berkembang
sudah banyak yang menggunakan internet. Jumlah pengguna internet juga terus
tumbuh. Sebagian besar pertumbuhan ini berasal dari Asia, Amerika latin dan
belahan Eropa. Oleh karena itu e-commerce sangat menguntungkan toko-toko online
yang sudah menjamur di Indonesia ini, contohnya blibli.com.
4. Threat (Ancaman)
Rendahnya hambatan masuk antar
negara-negara akan menyebabkan banyak pesaing-pesaing di perusahaan internet.
Banyak muncul perusahaan-perusahaan internet didunia ketiga (negara berkembang)
akan menyebabkan banyak menimbulkan pesaing-pesaing. Pesing terbesar yang ada
di dunia internet adalah Wall mart yang merupakan perintel terbesar di dunia.
Tokobagus
sendiri merupakan pesaing bagi blibli.com, Tokobagus ini merupakan sebuah situs
dimana perusahaan dan perorangan dapat menjual dan membeli produk maupun jasa. Tokobagus
juga merupakan search engine friendly, yang berarti tidak hanya pengunjung dari Tokobagus yang akan menemukan
iklan anda tetapi juga orang-orang yang mencari produk atau jasa dengan
menggunakan search engine seperti Google juga akan menemukan iklan-iklan anda. Karena
strategi yang kuat dan media publikasi yang besar kini Tokobagus telah
mempunyai lebih dari 100.000 pengunjung setiap hari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar